BAB II
PEMELAJARAN SISWA YANG AKTIF
A. RENCANA BELAJAR SISWA
Kompetensi : Mengelola Kartu Hutang
Sub Kompetensi : 1. Mempersiapkan pengelolaan kartu hutang
2. Mengidentifikasi data mutasi hutang
3. Membukukan data mutasi hutang ke kartu hutang
4. Melakukan pengecekkan saldo hutang
5. Membuat laporan hutang
NO | JENIS KEGIATAN | TANGGAL | WAKTU | TEMPAT PENCAPAIAN | ALASAN PERUBAHAN | TTD GURU |
1. | Mempersiapkan kartu hutang | | | | | |
2. | Mengidentifikasi data mutasi hutang | | | | | |
3. | Membukukan data mutasi hutang ke kartu hutang | | | | | |
4. | Melakukan pengecekkan saldo hutang | | | | | |
5. | Membuat laporan hutang | | | | | |
B. KEGIATAN BELAJAR
1. Kegiatan Belajar 1 : Mempersiapkan pengelolaan kartu utang
a. Tujuan Kegiatan Pemelajaran I
Peserta diklat mampu :
1. Menguraikan prosedur penanganan utang
2. Mengelompokan utang
Ada dua metode pencatatan utang yaitu account payable procedure dan voucher payable procedure. Dalam account payable procedure, catatan utang adalah berupa kartu utang yang di selenggarakan untuk tiap kreditur, yang memperlihatkan catatan mengenai nomor faktur dari pemasok, jumlah yang terutang, jumlah pembayaran, dan saldo utang. Dalam voucher payable procedure, tidak diselengarakan kartu utang, namun di gunakan asip voucher (bukti kas keluar) yang di simpan dalam arsip menurut abjad atau menurut tanggal jatuh temponya. Arsip bukti kas keluar ini berfungsi sebagai catatan utang.
Dokumen yang di gunakan dalam account payable procedure adalah :
1. Faktur dari pemasok
2. Kwitansi tanda terima uang yang ditandatangani oleh pemasok atau tembusan surat pemberitahuan yang di kirim ke pemasok, yang berisi keterangan untuk apa pembayaran tersebut di lakukan.
Catatan akuntansi yang di gunakan dalam account payable procedure adalah :
1. Kartu utang,digunakan untuk mencatat mutasi dan saldo utang kepada tiap kreditur
2. Jurnal pembelian, digunakan untuk mencatat transaksi pembelian
3. Jurnal pengeluaran kas, digunakan untuk mencatat transaksi pembayaran utang dan pengeluaran kas yang lain.
Prosedur pencatatan utang dengan account payable procedure adalah sebagai berikut:
Pada saat faktur dari pemasok telah di setujui untuk di bayar
1. Faktur dari pemasok dicatat dalam jurnal pembelian
2. Informasi dalam jurnal pembelian kemudian di posting kedalam kartu utang yang di selenggarakan untuk setiap kreditur.
Pada saat jumlah dalam faktur di bayar
3. Cek di catat dalam jurnal pengeluaran kas
4. Informasi dalam jurnal pengeluaran kas yang bersangkutan dengan pembayaran hutang di posting kedalam kartu hutang. Berikut prosedur pencatatan hutang dengan account payable prosedure
CATATAN HUTANG DENGAN ACCOUNT PAYABLE PROCEDURE
Pencatatan transaksi timbulnya hutang
Faktur dari pemasok Jurnal pembelian
Jurnal Pengeluaran Kas
Kuitansi dari pemasok Jurnal Pengeluaran kas
Pencatan transaksi pembayaran hutang
Voucher Payable Prosedure
Jika dalam account payable procedure, pencatatan utang melalui 4 tahap, sedangkan dalam voucher payable procedure, pencatatan utang melalui dua tahap dalam register bukti kas keluar dan jurnal pengeluaran kas.
Dokumen yang digunakan dalam pencatatan voucher payable procedure adalah :
Bukti kas keluar atau kombinasi bukti kas keluar dan cek. Bukti kas keluar ini merupakan formulir pokok dalam voucher payable procedure.
Dimana bukti kas keluar ini , mempunyai tiga fungsi yaitu :
1. Sebagai surat perintah kepada bagian kassa untuk melakukan pengeluaran kas sejumlah yang tercantum di dalamnya.
2. Sebagai pemberitahuan kepada kreditor mengenai tujuan pembayarannya.
3. Sebagai media untuk dasar pencatatan utang dan persediaan.
Seperti hal nya harta perusahaan, maka utang perusahaan pun di bagi menjadi 2 kelompok, yaitu hutang lancar dan hutang jangka panjang. Utang lancar adalah hutang – hutang yang harus dilunasi dalam jangka pendek atau tidak lebih dari satu tahun. Termasuk hutang jangka pendek:
1. Hutang dagang yakni hutang yang terjadi karena pembelian barang di lakukan secara kredit. Hutang dagang biasanya tidak di jamin dengan surat perjanjian, terjadi karena semata – mata karena atas dasar kepercayaan.
2. Utang wesel ( notes payable ) yaitu utang dengan jaminan surat perjanjian khusus dalam bentuk wesel yang di atur dengan undang – undang.
3. Beban – beban yang masih harus di bayar ( accrual payable ) yaitu beban yang sudah terjadi dan harus di catat, tetapi pada saat menyusun neraca belum di bayar. Termasuk kelompok ini : utang bunga, utang sewa dan utang gaji
4. Utang pajak yaitu pajak yang belum di setor kekas negara
5. Pendapatan diterima dimuka yaitu penerimaan – penerimaan dari pihak lain untuk jasa yang belum di serahkan oleh pihak perusahaan. Misalnya : Bunga diterima dimuka atau sewa diterima dimuka.
Utang jangka panjang ( long term liabilities ) adalah hutang yang jatuh tempo pelunasan lebih dari satu tahun. Termasuk kelompok hutang jangka panajang :
- Hutang oblgasi ( Bond payable ) yaitu hutang kepada pemegang obligasi yang di keluarkan oleh perusahan
- Hutang hipotik ( mortage notes payable ) yaitu hutang parusahaan yang di jamindengan benda – benda tidak bergerak seperti tanah, bangunan gedung dan sebagainya.
C. Rangkuman
Utang merupakan pengorbanan manfaat ekonomis yang akan terjadi pada waktu yang akan datang yang di sebabkan oleh kewajiban – kewajiban di waktu sekarang dari suatu badan usaha yang akan di penuhi dengan memberikan jasa maupun menstransfer aktiva kepada badan usaha lain dimasa datang sebagai akibat dari transaksi – transaksi yang sudah lalu.
Untuk mengelola kartu utang memerlukan pengidentifikasian, pengelompokan dan membukukan data mutasi utang ke kartu utang. Dalam aktivitas pencatatan akuntansi untuk mengelola utang adalah kartu utang, jurnal pembelian dan pengeluaran kas
D. Tugas
Siswa disuruh mengamati treansaksi yang ada ditoko, kemudian mencatat bagaimana mencatat pembayaran hutang!
E. Tes formatif
- Jelaskan apa yang dimaksud account payable procedure dan voucher payable procedure
- Dokumen apa yang digunakan dalam account payable procedure
- Bagaimana procedure pencatatan utang dengan account payable procedure
- Dokumen apa yang digunakan dalam pencatatan voucher payable procedure
- Sebutkan pembagian hutang dalam neraca
2. Kegiatan belajar 2 : 1. Mengidentifikasi data dan mutasi utang
2. Membukukan data mutasi utang kekartu utang
a. Tujuan kegiatan pemelajaran 2
Peserta diklat mampu :
1. Menghitung mutasi utang
2. Mencocokan mutasi utang dengan buktinya
b. Uraian Materi
Buku besar pembantu merupaka perluasan dari buku besar. Catatan dalam buku besar pembantu merupakan perincian dari salah satu perkiraan yang terdapat dalam buku besar umum. Seperi kita ketahui, bahwa catatan akuntansi untuk mengelola hutang adalah kartu hutang, jurnal pembelian dan jurnal pengeluaran kas. Seperti hal nya dengan piutang dagang, perusahaan juga membutuhkan catatan yang menunjukan hutang pada masing – masing kreditur. Untuk itu perlu di sediakan satu buah rekening kontrol, yang di sebut hutang dagang di buku besar dan rekening – rekening hutang kepada masing – masing kreditur dalam buku pembantu hutang. Jadi satu kreditur, satu buku pembantu hutang ( kartu hutang ). Sedangkan dasar di dalam kartu hutang ini adalah dari jurnal pembelian dan jurnal pengeluaran kas.
Adapun bentuk dari kartu hutang tersebut adalah :
Nama :
Alamat :
File:
Tanggal | Keterangan | Ref | Saldo | |
Debet | Kredit | |||
| | | | |
| | | | |
| | | | |
Amati buku besar pembatu diatas. Setiap perkiraan diberi kode file dengan huruf pertama dari nama kreditur yang bersangkutan misalnya : Nama kreditur Toko Mawar dengan kode file M, kode tersebut menunjukkan bukti (dokumen). Pencatatan transaksi yang bersangkutan ada difile dengan kode M disusun demikian untuk memudahkan mencari dokumen bersangkutan. Jika diperlukan lajur referensi diisi dengan nomor halaman jurnal pembelian. Tanda tersebut menunjukkan bahwa catatan yang bersangkutan berhubungan dengan catatan pada jurnal pembelian halaman satu . Catatan dlam jurnal pembelian dalam buku besar pembantu utang berasal dari sumber yang sama yaitu faktur pembelian.
Jurnal pembelian di perguanakn untuk mencatat pembelian secara kredit. Jurnal pembelian yang sederhana hanya memiliki stu kolom jumlah rupiah, seperti halnya jurnal penjualan akan tetapi jurnal pembelian dapat juga dirancang untuk mencatat pembelian perlengkapan ( tidak hanya mencatat pembelian barang dagangan ). Bentuk dari pada jurnal pembelian adalah sbb:
Tanggal | No | Perkiraan | Ref | Debet | Kredit | ||||
yang dikredit | Pembelian | Perlk toko | Serba-serbi | Utang dagang | |||||
| | | Perk | Ref | Jml | | |||
| | | | | | | | | |
| | | | | | | | | |
| | | | | | | | | |
| | | | | | | | | |
Keterangan :
- Lajur tanggal di isi dengan tanggal terjadinya transaksi pembelian
- Lajur ini di faktur di isi dengan nomor faktur yang diterima dari penjual sehingga nomor dalam lajur ini tidak berurut
- Lajur perkiraan yang dikredit diisi dengan nama penjual. Nama penjual yang bersangkutan dibuka dalam buku besar pembantu utang
- Lajur referansi dengan tanda (check mark) setelah data yang bersangkutan dicatat dalam buku besar pembantu, pada perkiraan penjual yang bersangkutan.
- Lajur pembelian diisi dengan jumlah pembelian
- Lajur perlengkapan toko diisi dengan jumlah (harga) perlengkapan toko yang dibeli secara kredit. Jika transaksi perlengkapan toko jarang terjadi lajur ini tidak perlu disediakan tersendiri, cukup dengan mencatat dalam lajur serba-serbi yaitu dengan menuliskan “perlengkapan toko” dalam lajur perkiraan dan nomor perkiraan yang bersangkutan, ditulis dalam lajur ref pada saat diposting ke buku besar
- Lajur hutang dagang diisi dengan jumlah hutang yang terjadi akibat terjadinya transaksi yang bersangkutan.
Berikut contoh:
PD. Rima Melati selama bulan Juni 2004 terjadi transaksi sebagai berikut:
Juni 5 : Dibeli barang dagangan dari UD Maju Rp 1.200.000 dengan faktur No. Mo 1 Syarat
n/30
Juni 8 : Dibeli perlengkapan toko dari UD Laksana Rp 600.000 faktur No. L 15
Juni 12 : Dibeli barang dagangan dari UD Mekar faktur No. 25 syarat 2/10, n/30 seharga Rp 2.000.000
Juni 15 : Dibeli dari Toko Mawar perlengkapan toko Rp 600.000 no. faktur No. 204
Juni 22 : Dibeli barang dagangan dari UD Maju Rp 2.300.000 faktur No. M 35 syaat 2/10, n/30
Juni 24 : Dibeli dari PT Eka barang dagangan Rp 3.000.000 syarat 2/10, n/30 faktur No. E 065
Juni 28 : Dibeli dari UD Laksana perlengkapan toko Rp 400.000 faktur No. L 065
Juli 1 : Dikeluarkan cek untuk gaji karyawan Rp 2.800.000
Juli 5 : Dibayar tunai premi asuransi Rp 90.000
Juli 27 : Dibayar kepada UD Laksana faktur No. L0075 dan diserahkan cek No. 053 Rp 600.000
Juli 30 : Dibayar kepada UD Maju faktur No. M35 dengan penilaian
Jumlah faktur Rp 2.300.000,00
Potongan 2% Rp ( 46.000,00)
Diserahkan Cek No. C093 Rp 2.254.000,00
Dari transaksi diatas, apabila dicatat dalam jurnal pembelian dan jurnal pengeluaran kas maka nampak sebagai berikut :
PD. RIMA MELATI | |||||||||
Jurnal Pembelian | |||||||||
Tgl | No. | Akun yang | Ref | D E B E T | K R E D I T | ||||
Faktur | dikredit | Pembelian | Perlk Tk | Serba/I | Hutang | ||||
| | Akun | Ref | Jumlah | dagang | ||||
2004 | | | | | | | | | |
Juni 5 | M 01 | UD Maju | | 1.200.000 | | | | | 1200000 |
Juni 8 | L 15 | UD Laksana | | - | 600000 | | | | 600000 |
Juni 12 | 025 | UD Mekar | | 2.000.000 | | | | | 2000000 |
Juni 15 | 204 | Toko Mawar | | - | 600000 | | | | 600000 |
Juni 22 | M 35 | UD Maju | | 2.300.000 | | | | | 2300000 |
Juni 24 | E 065 | PT Eka | | 3.000.000 | | | | | 3000000 |
Juni 28 | L 065 | UD Laksana | | - | 400000 | | | | 400000 |
| | | | 8.500.000 | 1600000 | | | | 10100000 |
| | | | 511 | 117 | | | | 211 |
PD. RIMA MELATI | ||||||||||
jurnal pengeluaran kas | ||||||||||
Tgl | Nomor | Keterangan | Ref | D E B E T | K R E D I T | |||||
Cek | | Pembelian | Hutang | Serba- serbi | Potongan | Kas | ||||
| | dagang | Akun | Ref | Jumlah | Pembelian | ||||
2004 | | | | | | | | | | |
Juli 1 | | | | | | B. Gaji | 601 | 2.800.000 | | 2.800.000 |
Juli 5 | | | | | | B. Ass | 602 | 90000 | | 90000 |
Juli 27 | 053 | UD Laksana | | | 600000 | | | | | 600000 |
Juli 30 | 093 | UD Maju | | | 2300000 | | | | 46000 | 2254000 |
| | | | | | | | | | |
| | | | | | | | | | |
| | | | | | | | | | |
| | | | | 2900000 | | | 2890000 | 46000 | 5744000 |
| | | | | 211 | | | | 512 | 101 |
Casino of Las Vegas, NV - Mapyro
BalasHapusWelcome to the Casino of 의정부 출장샵 Las Vegas, NV. Explore mapyro 부천 출장안마 for 천안 출장샵 the perfect casino. Casino Of The 여주 출장마사지 Year: 진주 출장안마 2021.